Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan Air Bersih

Ratusan kepala keluarga di Desa Tapandullu, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju,hingga kini masih mengalami kekurangan air bersih. Akibatnya, warga di desa ini terpaksa mencari air bersih di desa tetangga. 
 
”Masyarakat di Desa Tapandullu yang dihuni ratusan KK meminta perhatian pemerintah daerah agar masyarakat turut mendapat layanan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM),” kata Irmayanti, Ketua Majelis Ta’lim Desa Tapandullu. Menurutnya, tidak adanya sarana air bersih yang memadai karena sambungan pipa dari PDAM belum sampai daerah itu. 
 
Karenanya, kata dia, warga berharap agar pemerintah segera membuka layanan PDAM agar tidak lagi kesulitan mendapatkan sarana air bersih. ”Selama ini warga hanya mengandalkan sumur. Itu pun kadang-kadang airnya sedikit saat musim kemarau,”ungkapnya. Jika musim kemarau datang, kata dia, maka warga dipastikan mencari air bersih ke desa tetangga yang jaraknya mencapai 5 kilometer.
 
Irmayanti yang juga ibu rumah tangga ini mengatakan, kebutuhan air bersih merupakan persoalan mendasar yang paling mendesak. ”Pasokan air bersih bagi warga Tapandullu seharusnya mudah diperoleh oleh semua kalangan, sehingga mereka tidak menggunakan air sungai untuk kebutuhan rumah tangga,” tutur dia.