Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dari berorganisasi

 Tak banyak orang yang mengetahui manfaat dari berorganisasi. Jika dikelola dengan baik, organisasi dapat membentuk jiwa kepemimpinan seseorang. Bahkan, organisasi juga dapat menjadi penunjang dalam meraih karir.

Apa dan bagaimana implikasi dari berorganisasi bagi General Manager( GM) Network OperationXL Sumbagsel Hengky Witarsa? Berikut kutipan wawancara reporter Seputar Indonesia Darfian Jaya Suprana dengan Hengky Witarsa.

Apa makna organisasi bagi Anda?

Organisasi bagi saya merupakan sarana belajar yang sangat luar biasa di luar disiplin ilmu. Dari berorganisasi, kita mudah beradaptasi dengan sia p a pun serta bisa mendukung karir. Semasa menjadi mahasiswa teknik elektro Unsri, saya dipercayakan menjadi Ketua Senat Mahasiswa Teknik Unsri tahun 1992,dan pengurus organisasi panjat tebing dan Mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Teknik Buana Cakti. Bahkan, pada saat jambore nasional (Jamnas) tahun 1986, saya pun ikut andil menyemarakkan jamnas di Cibubur.

Kenapa Anda tertarik dengan dunia network?

Sebagai lulusan teknik elektro Unsri, tentu disiplin ilmu harus sejalan dengan apa yang hendak dicapai. Saya memandang dunia telekomunikasi sampai kapan pun tak akan pernah mati. Orang per orang maupun kelompok, tentunya membutuhkan telekomunikasi sebagai alat untuk berkomunikasi satu sama lain. Pada 1996, saya memutuskan bergabung dengan XL Jakarta. Gayung pun bersambut dan akhirnya saya diterima sebagai enginer fiber optic.

Semua aktivitas dijalani apa adanya, bak air mengalir. Setelah 4 tahun menjadi enginer fiber optic, pada 2000, saya dipercaya menjadi supervisor network XL Batam. Menjadi supervisor XL di Batam merupakan tantangan yang berat, XL baru membuka cabang di Batam. Pada 2004, dipercaya memegang bagian network di Palembang. Atas dedikasi dan loyalitas, pada 2005, saya dipercaya menduduki posisi General Manager Network XL Sumbagut, dan pada 2008, menjabat GM Network OperationXL Sumbagsel hingga kini.

Apakah organisasi sangat mendukung karir Anda?

Jelas, faktor organisasi semasa kuliah sangat mendukung karir saat ini.Tanpa organisasi, mungkin saya tidak berada di pucuk jabatan seperti ini. Dari organisasi, saya mampu beradaptasi dengan siapa pun dan di mana pun.

Selain organisasi, faktor lain pendukung karir Anda?

Keuletan bekerja dan hal penting adalah doa ibu.Tanpa doa restu orangtua, tidak mungkin saya berada di posisi sekarang ini. Dalam bekerja, saya harus menunjukkan loyalitas terhadap pekerjaan. Sebenarnya, apapun bentuk pekerjaan, asalkan dijalani dengan hati ikhlas, dipastikan akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Apa pesan Anda yang dapat dijadikan referensi kau muda saat ini?

Semasa kuliah, diharapkan anak muda dapat mengikuti organisasi di dalam maupun luar kampus. Akan lebih baik jika seseorang itu giat belajar dan tetap menggeluti organisasi. Sangat sayang jika seseorang itu giat belajar, namun tidak memanfaatkan organisasi sebagai sarana untuk membentuk jiwa kepemimpinan.