Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lagi-lagi PT PLN

 Lagi-lagi PT PLN (Persero) Wilayah Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sultanbatara) mengumbar janji. Perusahaan pelat merah ini menyatakan, tahun depan tak akan ada lagi pemadaman bergilir.

“Pasalnya, akan ada tambahan daya 395 megawatt (MW),”ujar General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sultanbatara Zulkarnaen Abdullah Pute di Makassar, kemarin. Dia beralibi, awal Januari nanti, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Barru siap beroperasi dengan daya 2x50 MW. Sementara PLTU Jeneponto yang menghasilkan daya 2x100 MW juga masuk tahun depan.

Dia mengatakan,untuk menambah cadangan daya, PT PLN akan menyewa mesin dengan daya 95 MW sehingga total daya baru sebanyak 390 MW. “Kami berjanji dengan pasokan tambahan tersebut, tidak ada lagi pemadaman listrik pada 2012. Total cadangan energi yang dimiliki PT PLN Sultanbatara sebesar 1.010 MW,”katanya. Saat ini energi listrik yang sudah tersedia jika kondisi mesin normal, sebanyak 640 MW.

Kalau ditambah 190 MW, sebesar 1.010 MW.“Namun,dengan catatan semua mesin normal,” ujarnya. Saat ini jumlah pelanggan PT PLN Sultanbatara sudah mencapai 1.670.000 pelanggan, sedangkan beban puncak adalah 580 MW.“Pemadaman tidak bisa dihindari karena jumlah pelanggan terus naik ,” paparnya.

Menurut dia, kondisi itu pula yang terjadi saat ini. PLTU Bakaru yang bisa menghasilkan daya 126 MW, tidak bisa beroperasi maksimal. Penyebabnya, daya yang dihasilkan hanya 30 MW.“Daya makin berkurang dengan perbaikan empat mesin,”katanya. Upaya menambah debit air di PLTU Bakaru dengan membuat hujan buatan masih belum maksimal. Namun, pihak PLN dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berjanji membuat hujan buatan.

“Kami akan coba terus agar kebutuhan air cukup untuk menghidupkan PLTU Bakaru,”tandasnya. Sementara itu, tingginya permintaan energi listrik di Sulsel, membuat Oesman Sapta Odang (OSO) Group,melalui anak perusahaannya, PT Citra Putra Mandiri (CPM), berencana membangun PLTU di Sulsel.“ Tadi kami sudah bertemu GM PLN,”ujar Kepala Wilayah Indonesia Timur PT CPM Amir Majid,kemarin.

Dari pertemuan kemarin, PT PLN Sultanbatara menyambut baik rencana tersebut dan siap memberikan konseling, jenis PLTU yang cocok di Sulsel. “PLN sangat terbuka dan siap membeli listrik yang kami hasilkan. Hanya belum sampai ke harga pembelian, ”tandasnya. Menurut dia, PT CPM diminta memberikan presentasi di PT PLN Sultanbatara soal rencana pembangunan PLTU tersebut.

Hanya waktunya belum dipastikan. “Pihak PLN berjanji akan menelepon dan kami siap datang,”katanya. Hingga sekarang, belum ada penentuan pasti tempat PLTU itu akan dibangun. Namun, rencana lokasi di sekitar tepi pantai Makassar dan Kabupaten Maros.“Nanti setelah presentasi baru bisa diketahui di mana lokasinya,”ujarnya.